Studi Pendahuluan Pengaruh Arus Laut Musiman terhadap Waktu Tempuh Kapal Melalui Perairan Selat Lombok

Preliminary Study of The Influence of Seasonal Ocean Currents on Vessel Travel Time Through The Waters of The Lombok Strait

Authors

  • Harun I. Akbar Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)
  • Gentio Harsono Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal)
  • Bayu Sutejo Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)
  • Teguh A. Pianto Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)
  • Aninda W. Rudiastuti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)
  • Wiwin Ambarwulan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)
  • Lena Sumargana Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)
  • Hari Priyadi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)
  • Nurul Hudayat Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)
  • Agus Y. Sugama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)

DOI:

https://doi.org/10.62703/jhi.v5i2.25

Keywords:

Sistem identifikasi otomatis, musim hujan, promodel, penginderaan jauh, arus laut

Abstract

Pemantauan karakteristik air laut di Selat Lombok sangat penting karena merupakan jalur pelayaran yang sibuk. Sejak 1 Juli 2020, Indonesia berwenang mengatur alur pelayaran menggunakan Traffic Separation Scheme (TSS). Banyak faktor yang mempengaruhi kondisi iklim di Selat Lombok, diantaranya adalah angin muson yang menyebabkan kecepatan dan arah arus berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik arus di Selat Lombok, menganalisis data Automatic Identification System (AIS) di kawasan tersebut, dan menganalisis pengaruh arus laut terhadap kecepatan dan arah kapal. Data arus laut yang bersumber dari Marine Copernicus dengan periode satu tahun (Oktober 2020 – September 2021) digunakan untuk menganalisis pola dan karakteristik arus. Data kecepatan dan jenis kapal diperoleh dengan menggunakan data AIS yang bersumber dari vessel finder. Dilakukan analisis overlay data arus dan lalu lintas laut, kemudian geovisualisasi data diimplementasikan dengan menggunakan software ODV. Sedangkan simulasi data kapal dan arus menggunakan Statfit dan Promodel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pergerakan arus sangat dipengaruhi oleh periode monsun, dimana kecepatan arus yang kuat terjadi pada musim barat dengan periode yang lebih singkat dibandingkan musim lainnya. Kecepatan dan arah arus mempunyai peranan dalam mengubah kecepatan kapal, yang kemudian dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan jadwal dan rute kapal demi alasan keamanan dan keselamatan transportasi.

References

Chang, Yu Chia, Ruo Shan Tseng, Guan Yu Chen, Peter C. Chu, and Yung Ting Shen. 2013. “Ship Routing Utilizing Strong Ocean Currents.” Journal of Navigation 66(6):825–35. doi: 10.1017/S0373463313000441.

Chen, Chen, Shigeaki Shiotani, and Kenji Sasa. 2015. “Effect of Ocean Currents on Ship Navigation in the East China Sea.” Ocean Engineering 104:283–93. doi: 10.1016/j.oceaneng.2015.04.062.

Dachyar, Muhammad. 2012. “Simulation and Optimization of Services at Port of Indonesia.” International Journal of Science and Technology 44:25–32.

Findley, Daniel J., Tracy J. Anderson, Steven A. Bert, Timothy Nye, and Will Letchworth. 2018. “Evaluation of Wait Times and Queue Lengths at Ferry Terminals.” Research in Transportation Economics 71(January):27–33. doi: 10.1016/j.retrec.2018.06.009.

Hasbullah, Mansyur, Daeng Paroka, and Hanisa Hanisa. 2017. “The Effect of Waves on the Maneuvering Characteristics of Ferry Vessel.” Jurnal Penelitian Enjiniring 21(1):11–22. doi: 10.25042/jpe.052017.02.

Heflin, Deborah L., and Charles R. Harrell. 1998. “Simulation Modeling and Optimization Using ProModel.” Winter Simulation Conference Proceedings 1:191–97.

Özkan, Emin Deniz, Selçuk Nas, and Nil Güler. 2016. “Capacity Analysis of Ro-Ro Terminals by Using Simulation Modeling Method.” Asian Journal of Shipping and Logistics 32(3):139–47. doi: 10.1016/j.ajsl.2016.09.002.

Rustam, Ismah. 2018. “Makna Strategis Selat Lombok Dan Perkembangannya Sebagai Jalur Pelayaran Internasional.” Global & Policy 6(1):83–100.

Sunaryo, Antoni Arif Priadi, and Tri Tjahjono. 2015. “Implementation of Traffic Separation Scheme for Preventing Accidents on the Sunda Strait.” International Journal of Technology 6(6):990–97. doi: 10.14716/ijtech.v6i6.1966.

Zhou, Yang, Winnie Daamen, Tiedo Vellinga, and Serge P. Hoogendoorn. 2020. “Impacts of Wind and Current on Ship Behavior in Ports and Waterways: A Quantitative Analysis Based on AIS Data.” Ocean Engineering 213(December 2019):107774. doi: 10.1016/j.oceaneng.2020.107774.

Downloads

Published

2024-01-25

How to Cite

Akbar, H. I., Harsono, G., Sutejo, B., Pianto, T. A., Rudiastuti, A. W., Ambarwulan, W., … Sugama, A. Y. (2024). Studi Pendahuluan Pengaruh Arus Laut Musiman terhadap Waktu Tempuh Kapal Melalui Perairan Selat Lombok: Preliminary Study of The Influence of Seasonal Ocean Currents on Vessel Travel Time Through The Waters of The Lombok Strait. Jurnal Hidrografi Indonesia, 5(2), 91–98. https://doi.org/10.62703/jhi.v5i2.25

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.