Pengolahan Data Pasang Surut Menggunakan Metode Admiralty di Pelabuhan Legon Bajak Karimunjawa pada Bulan Januari – Februari 2018

Tidal Data Processing using Admiralty Method in Legon Bajak Harbor Karimunjawa in January - February 2018

Authors

  • Tiara Suci Diponegoro University
  • Billy Yanfeto Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut
  • Rifqi Noval Agassi Pusat Hidro-oseanografi TNI Angkatan Laut

DOI:

https://doi.org/10.62703/jhi.v6i2.49

Keywords:

Metode Admiralty, Pasang surut, Elevasi Muka Air, Karimunjawa, Pelabuhan Legon Bajak

Abstract

Pelabuhan Legon Bajak terletak di sisi Timur Pulau Karimunjawa Provinsi Jawa Tengah. Pelabuhan Legon Bajak Karimunjawa ini ditujukan sebagai tempat bersandar kapal Pelni dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Pasang surut   digunakan dalam penentuan jalur pelayaran karena alur ini berfungsi untuk mengarahkan kapal yang akan masuk ke pelabuhan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tipe pasang surut dan elevasi muka air di sekitar perairan Pelabuhan Legon Bajak. Metode yang digunakan adalah metode admiralty. Metode Admiralty adalah suatu metode yang dapat mengolah data ketinggian pasang surut ke dalam bentuk komponen-komponen penyusun pasang surut berdasarkan tabel-tabel pasang surut yang dikembangkan. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah Pelabuhan memiliki nilai Formzhal lebih dari 3 yaitu (4,1606 dan 6,5692) maka dari itu Pelabuhan Legon Bajak memiliki tipe pasang surut harian Tunggal. Pelabuhan Legon Bajak memiliki nilai mean sea level setinggi 182,6 cm lalu HHWL setinggi 218,93 cm, MHWL 207,56 cm, MLWL 157,72 dan LLWL 146,4 cm. Prediksi dilakukan ditanggal yang sama untuk dijadikan perbandingan dan mencari nilai RMSE yang dapat dijadikan acuan besarnya tingkat kesalahan hasil prediksi.

References

Andromeda, V. F., Anggrahini, W., Abritia, R.N., dan Putra, I. M. W. S. 2022. Strategi Transportasi Laut Untuk Mendukung Pengembangan Pariwisata di Karimunjawa. Jurnal Penelitian Transportasi Laut, 24(1): 11-20.

Aristi, S., Sutikno, S., dan Fauzi, M. 2020. Analisis Pola Arus Akibat Pasang Surut di Pantai Selat Baru Kabupaten Bengkalis. Jurnal Selodang Mayang, 6(3): 172-177.

Irawan, S. 2016. Pemetaan Pasang Surut dan Arus Laut Pulau Batan dan Pengaruhnya Terhadap Jalur Transportasi Antar Pulau. Jurnal Kelautan, 9(1): 32-42.

Nirmala, A. dan Hafiyyan, Q. 2018. Analysis of The Types and Characteristics of The Tides Using the Admiralty Method on Two Rivers in The Kubu Raya District. Jurnal Teknik Sipil, 23(2): 262-268.

Pasaribu, R. P., Sewiko, R., dan Arifin. 2022. Penerapan Metode Admiralty Untuk Mengolah Data Pasang Surut di Perairan Selat Nasik Bangka Belitung. Jurnal Ilmiah Platax, 10(1): 146-160.

Rahman, S. E., Yusuf, M., dan Nasution, Y.N. 2022. Studi Numerik Hidrodinamika di Perairan Teluk Balikpapan Menggunakan Metode Volume Hingga. Jurnal Geosains Kutai Basin,5(1): 8-16.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Suci, T., Yanfeto, B., & Agassi, R. N. (2024). Pengolahan Data Pasang Surut Menggunakan Metode Admiralty di Pelabuhan Legon Bajak Karimunjawa pada Bulan Januari – Februari 2018: Tidal Data Processing using Admiralty Method in Legon Bajak Harbor Karimunjawa in January - February 2018. Jurnal Hidrografi Indonesia, 6(2), 69–76. https://doi.org/10.62703/jhi.v6i2.49

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.